Windows 8 : Sistem Operasi Setelah Generasi Ketujuh

01.54.00 A. Y. Indrayana 3 Comments

Tiga tahun sudah salah satu industri sistem operasi komputer terbesar di dunia Microsoft menghadirkan sistem operasi Windows 7 kepada komputer kita semua. Sistem operasi yang sedang populer di mata peminat IT ini memang sudah menjanjikan performa yang stabil dan tampilan yang mempesona. Betapa tidak, tampilan Windows Aero-nya yang terlihat bergelas dan transparan, juga loading-nya yang begitu cepat terasa seperti mempunyai komputer kelas atas.

Benar sekali. Salah satu versi sistem operasi yang dibesut oleh Bill Gates ini telah melewati proses penataan bugging dan performance watch (pantauan performa) hampir selama 7 tahun, setelah belajar banyak dari hal yang mengapa Windows Vista masih banyak kekurangan disana-sini. Dari sekian banyak kerja keras yang dilakukannya, akhirnya Windows 7 menjadi bintang di pasar sistem operasi dunia IBM.

Namun perjalanan Bill Gates tidak ingin sampai disitu. Meski predikat ‘bintang’ telah diraih oleh Windows generasi ketujuh itu, kini Microsoft akan merilis versi Windows baru, yakni Windows 8. Wah… pasti bakal lebih bagus lagi dibanding versi Windows sebelumnya ya? Untuk lebih tahu mari kita mencoba mengulik pengetahuan tentang ‘bayi’ dari Windows baru ini.

Setelah melewati proses download yang demikian panjang, akhirnya saya selaku Tim Inspirasi berhasil menguji coba versi beta dari Windows ini. Penasaran dari hasil benchmarknya? Yuk kita simak beberapa laporan dibawah ini.

Windows yang akan disebut sebagai Windows Developer Preview ini akan didesain dengan penambahan performa, fitur sekuritas yang makin canggih, hingga daya tahan baterai yang lebih awet bila digunakan untuk laptop. Juga, seiring dengan perkembangan beragam Tablet PC dan smartphone saat ini yang mendukung aplikasi pihak ketiga (third-party apps), Windows 8 mempersilakan penggunanya untuk menikmati aplikasi-aplikasi yang bisa diunduh di Windows Store. Fitur ini sama layaknya Anda menggunakan platform Blackberry, Android atau iPhone. Menyenangkan bukan?

Fitur lainnya adalah untuk pertama kalinya Anda akan diperkenalkan pada tampilan Metro Style. Metro Style akan menampilkan informasi penting dan aplikasi yang bisa Anda pergunakan. Metro Style adalah aplikasi yang diperuntukkan khusus bagi Anda pengguna Windows 8.

Bila Anda juga pemakai Windows Phone 7 atau Blackberry, Anda akan mengenal istilah Home Screen. Nantinya, Home Screen ini akan menjadi pengganti tampilan desktop tradisional lama komputer Anda. Agak sedikit berbeda dengan penggunaan Start Menu dan Iconic Desktop pada biasanya, Home Screen berisikan tampilan aplikasi tanpa adanya taskbar atau sidebar yang memenuhi layar. Di Windows 8, kita tidak perlu mengklik icon Windows. Cukup dengan mengarahkan mouse ke pojok kiri bawah layar. Dan jika kita ingin kembali ke Home Screen maka kita cukup mengklik icon windows itu kembali.

Terlihat menyenangkan bukan? Sekarang kita bicara ke arah spesifikasi. Untuk spek dari Windows 8 ini juga tidak berbeda jauh dengan Windows 7. Ia membutuhkan processor minimal 1 Giga untuk 32 Bit, memori minimal 1 GB dan minimal hard disk 16 Gigabyte.

Dan masih banyak lagi fitur-fitur Windows 8 yang tidak bisa dijabarkan secara rinci disini. Jadi bagi Anda penikmat IT yang ingin segera merasakan Windows baru ini tinggal tunggu saja kehadirannya yang dikabarkan akan rilis pada pertengahan tahun 2012 ini. Semoga Windows baru ini bisa menjadi ‘sistem operasi baru setelah generasi ketujuh’ yang digemari oleh masyarakat luas.

3 komentar:

  1. mantap bang denis ,,,pengen segara nyoba windows 8 nih...

    kunjungan malam
    Revolusi Galau

    BalasHapus
  2. haseek kang.. seneng banget gw bisa nyobain pertama kali tuh :D

    BalasHapus
  3. wah, update teknologi juga ni Mas Indra..

    BalasHapus