Kemerdekaan nan Fitri (Dirgahayu HUT RI dalam selimut Kemenangan Hari Raya)

05.25.00 A. Y. Indrayana 42 Comments


Bersiap ditempat… dan… satu, dua, dan …. Tiga. MERDEKA!!!! Merdeka saudara-saudaraku …. Assalammu’alaikum Wr.Wb, sahabat blogger semua… Apa kabar? Tentu saja kabar hari ini sedang bergembira hati karena kita sudah merayakan Dirgahayu HUT Republik Indonesia yang ke-67, dan akan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1433 Hijriyah esok hari. Waahhh…. Dua perayaan dalam satu momentum yaa. Hehe… Meskipun tidak berbarengan tentang hari jatuhnya tetapi semangat dan euphoria dalam perayaan Hari Kemerdekaan kita masih akan tetap terasa hingga nanti saatnya Lebaran tiba. Subahanallah… Tahun ini menajdi begitu indah karena momentum besar yang kita nanti-nanti, jatuh pada hari yang berdekatan.

Hal itulah yang menjadi alasan aku mengapa aku menuliskan postingan ini pada hari ‘kejepit’ seperti ini. Ya, tidak lain dan tidak bukan adalah agar menyatukan postingan, dan semangat Kemerdekaan 17 serta semangat menjelang Idul Fitri yang tampak menyatu di dalam raga dan jiwa ini. Dan dengan momentum ini pula, aku secara resmi, akan mencabut masa HIATUS aku selama seminggu ini.

Selama hiatus, aku lebih banyak mengerjakan pekerjaan rumah. Sapu sana sini, pel sana sini dan bongkar-buang barang yang usang. Tidak lupa mencuci baju dan menyeterikanya karena di dalam ranjang ya Allah… udah kayak parsel lebaran tahu gak. Hahaha *nyeritain dewek :p. Ditambah lagi dampak pembantu mudik di kediaman aku tercinta di kawasan Petukangan, Jakarta Barat ini, aku harus ikut andil dalam mengurus kebersihan rumah. Huff… Kalau rumahnya kecil sih tak mengapa. Nah ini rumah udah kayak istana -,- . Akan tetapi, aku bisa kembali lagi menulis pada jam ini karena waktu aku yang udah agak melenggang. Alhamduuu… Lillah :D

Sebenarnya aku belum mau mencabut masa hiatus aku, tetapi karena dari dalam hati sudah memprovokasi aku untuk menulis, menulis, dan menulis… jadinya menulis lagi aja deh. Emang jiwa seorang blogger tidak bisa dibohongi yaa. Hahaha :D. Nah dalam artikel ini, aku ingin share sedikit nih mengenai kedua hari besar ini. Okesip… Intermezzo selesai, sekarang mari kita beranjak ke TKP *apasih :P

1.  Sejarah Kemerdekaan (Mengingat kembali masa perjuangan Pahlawan Indonesia)
Tepat tertanggal 17 Agustus kemarin, seluruh jagad nusantara bersama-sama menjadi saksi dalam pengibaran bendera Merah Putih di Istana Merdeka. Suasana khidmat serta damai begitu mewarnai perayaan Hari yang sudah menandakan umur 67 negara kita tercinta ini. Masih terngiang dari telinga aku, ketika aku pernah melatih dan dilatih anak-anak Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) lima tahun silam di sekolah SMA aku. Hehehe… jadi intermezzo lagi kan :p

Hampir selama 350 tahun, bangsa kita dijajah oleh Belanda dan berbagai Negara yang ikut terlibat dalam aksi traumatis ini. Segala macam bentuk penindasan, penganiayaan, pemaksaan, dan pemerasan semua terjadi pada zaman ini. Cerita singkatnya nih sahabat blogger, pada saat sebelum Indonesia merdeka, kita sedikit terbantu perjuangan saudara-saudara kita yang banyak tewas di medan perang oleh kehadiran bom atom yang menggempur kawasan Hiroshima dan Nagasaki oleh Tentara Amerika Serikat, pada 6 Agustus 1945. Nah, akibat dari bantuan ‘spirit’ yang pernah dihantarkan oleh Tentara Amerika Serikat itulah, yang membuat para pejuang kita menjadi lebih semangat dengan mengubah nama dari Dokuritsu Junbi Cosakai, menjadi Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI).
Bung Tomo : MERDEKA, atau MATI !!!!

Cerita bermula dari datangnya Negara Jepang ke Indonesia jauh sebelum bom atom itu menggempur negaranya. Setelah Belanda yang menjajah negeri ini kemudian datanglah Jepang yang ingin menjajah negeri ini. Nah, adu argument dan cekcok pastilah mewarnai perdebatan antara kedua Negara itu. Ibaratnya punya rumah gede banget, ada doa kelompok berbeda yang ingin nempatin. Pastilah diantara mereka akan ribut berebut rumah itu. Hahaha :D . Begitupun dengan Jepang dan Belanda. Tak segan Jepang beradu fisik dan senjata dengan Belanda, akhirnya Belanda kalah. Negara kita, dijajahlah oleh Jepang.

Tapi, setelah aksi gila dari Amerika Serikat yang mengebom kedua kota besar Jepang itu, pejuang Indonesia beserta tim dari kelompok yang dulu bernama Dokuritsu Junbi Cosakai ini, memanfaatkan ketidakberdayaan Jepang setelah mereka menyerah tanpa syarat kepada Amerika, 9 Agustus 1945. Berlanjut oleh Ir. Soekarno saat itu, beliau kemudian menuliskan teks proklamasi yang dibuat di daerah Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat. Tak lama kemudian, pada 17 Agustus 1945 merdekalah Indonesia kita.

Sekarang Indonesia sudah merdeka. 67 tahun dari proklamir para elemen pejuang dan pemerintahannya. Tetapi mengapa kondisi sekarang ini seperti belum sepenuhnya merdeka? Yah bolehlah, jika ditilik dari berbagai kasus yang mendera negeri ini. Korupsi, Kemiskinan, Kecurangan, dan lain sebagainya memang boleh dijadikan alasan. Namun tentunya kita tidak ingin seperti ini terus-terusan dong. Kita ingin semua saudara-saudara kita sejahtera hingga menyeluruh, berkecukupan, dan tentunya, jujur dalam manajemen. Lihatlah berapa banyak pemimpin, politisi, anggota dewan, para petinggi dan pegawai negeri yang kini tak lagi jujur dalam mengatur keperluan negara? Sudah saatnya kita bangkit. Merdeka, artinya kebebasan yang hakiki. Tidak terbatas bagi kaum tertentu saja namun juga semua warga Indonesia berhak mendapat kemerdekaan itu.


2.    Setelah satu bulan perjuangan kita, kini tiba saatnya …

Naah, ini diaa. Dari euphoria HUT RI ke-67 tadi kita beralih ke semangat perayaan Idul Fitri 1433 Hijriyah, yang diperkirakan akan jatuh, besok Minggu!!!! Minal Aidin Walfaizin… Maafkan lahir dan Bathin. Serentak kalimat yang terpatri indah dalam satu makna tersebut diucapkan di seluruh lapisan masyarakat muslim Indonesia. Selamat Para Pemimpin… Rakyatnya Makmur terjamin #kayak lagu aja ya :p hehehehe.

By the way, sahabat blogger yang sudah atau sedang dalam on the way, pastinya tahu dong ‘ritual’ khusus yang hanya dimiliki di negeri kita yang baru saja 67 tahun merdeka ini, Indonesia? Yap betul banget sobat. Mudik!!!! Mudik sudah menjadi kramat tersendiri bagi tiga perempat masyarakat Indonesia dalam menghadapi setiap hari lebaran. Maka jangan heran, kenapa kok setiap mudik pasti selalu macet…? Karena memang pada pengen mudik. *ya iyalah in :p hehehehe

Idul Fitri, atau Aidil Fitri… mengartikan bahwa kita sudah mencapai dalam tahap kemenangan setelah puasa satu bulan penuh, saatnya kita kembali kepada hati yang fitri, bersih, dan tanpa dosa … seperti bayi yang baru lahir dari Rahim sang Ibu. Subahanallah ya. Bermaaf-maafan menjadi hal yang wajib dan lumrah dilakukan dalam pelaksanaan menyambut hari Kemenangan umat Islam ini.

Oleh karena itu, marilah kita saling bermaaf-maafan lahir dan batin kepada sesama kita selain agar tali silaturahmi tetap terjaga, agar kita bisa memaafkan segala kesalahan yang pernah diperbuat orang yang terdekat dengan kita. Setuju semua kan??? Setujuuu kakaaakkkk *eh

Kesimpulannya adalah, pada hari yang dibilang banyak orang sebagai hari kejepit ini marilah kita bersantai sejenak dari segala aktifitas yang ada dan merasakan indahnya ‘dua’ kemenangan yang terjadi dalam akhir minggu ini. Yap betul. Momentum yang jarang-jarang terjadi ini mari kita manfaatkan untuk berenung sejenak. Apa yang bisa kita lakukan untuk Negara kita tercinta ini? Ya tentu saja dengan belajar dan menggapai ilmu yang setinggi-tingginya. Kelak jika nanti kita sukses (Aminnnn), kita sudah mengharumkan nama bangsa lho. Betul sekali. Tak perlu harus bisa berprestasi ke luar negeri demi mengharumkan nama bangsa. Kita bisa berguna bagi nusa dan bangsa didalam sini saja itu sudah cukup. Karena Merdeka, itu milik kita. Milik kita semua. Merdeka !!!!  Juga, manfaatkan momentum ini untuk memaafkan kepada sesama dan kembali kepada hati yang jernih dan tanpa keruh. Karena Fitri, berarti bersih. Bersih dari segala dosa dan kesalahan yang telah kita perbuat.

Duh capek ngetiknya :D . Langsung aku akhiri aja yah tulisan ini…
Menyambut hari raya Idul Fitri 1433 Hijriyah, Penulis selaku Pemilik saham sekaligus pengisi blog ini kepada sahabat blogger yang ada disini dan setia dalam berkunjung ke blog ini …

1.   Aninda Naima,          dengan blog Rumah Pemimpi
2.   Ocha Rhoshandha,       dengan blog Cerita Ocha
3.   Annesya,               dengan blog When the Heart Chimes
4.   Chumhienk,             dengan blog Zona Button Chumhienk
5.   Cilembu Thea,          dengan blog Desa Cilembu
6.   Bung Penho,            dengan blog Lirik Kiri Kanan
7.   Zachflazz,             dengan blog Zachflazz
8.   Gia,                   dengan blog Gia's Words
9.   Madhek,                dengan blog Madhek Blog
10.   Asep Haryono,         dengan blog Asep Haryono’s Blog
11.   Ria Haya,             dengan blog Ria Haya Ndobos
12.   A. i. r,              dengan blog Secangkir Teh dan Sekerat Roti
13.   NF,                   dengan blog Welcome to My Zone
14.   Popi,                 dengan blog Cinta Damai
15.   Nina Amalia Riska,    dengan blog Nina Amalia’s Blog
16.   Rumah Blog Indonesia, dengan blog Rumah Blog Indonesia
17.   Covalimawati,         dengan blog Runaway Diary
18.   Tiesa,                dengan blog The Peculiar Ways
19.   Laini Laitu,          dengan blog Rumah Laini
20.   Ririe Khayan,         dengan blog Kidung Kinanthi
21.   Fitrah Istiqomah,     dengan blog Seperti Kupu-Kupu
22.   Tebak Ini Siapa       dengan blog Una Vida Escrita de La Una
22.   Seluruh Anggota Member Blogger se-Indonesia
23.   Seluruh Follower Blog ini, dan …
24.   Seluruh insan blogger tanpa terkecuali dan yang belum disebutkan namanya :D

Mengucapkan …

Selamat Hari Kemerdekaan HUT Republik Indonesia yang ke-67
17 Agustus 2012

dan

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1433 Hijriyah
Minal Aidin Wal’faizin… Mohon Maaf Lahir dan Bathin.
Semoga seluruh amal ibadah kita diterima disisi-Nya dan segalanya dimaafkan baik maupun buruknya.




Abraham Yusuf Indrayana, dan keluarga ...

^_^

42 komentar:

  1. weh.. yang kedua.. hehe

    minal aidzin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin ^_^


    pertamaxx

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang jadi yang pertama, dhek Naima .. hehe ^ ^


      Mohon Maaf lahir bathin yaa,
      Maafkan jika ada salah-salah kata baik di BW maupun di FB :D

      Hapus
    2. aku mencintaimu setulus hati.. ^ ^

      Hapus
    3. ya ... aku juga mencintamu dengan setulus hati ^ ^

      Hapus
    4. subhanallaah, sejuknya ....

      Hapus
  2. mohon maaf lahir dan bathin ya

    BalasHapus
  3. Wah itu potonye baju kokok baru yaaa.. hihihi

    MOhon Maaf Lahir dan batin juga yaa..
    Salam MERDEKA!!!!!..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lahir batin juga Gia, dan ... MERDEKA!!!!!


      Salam ....

      Hapus
  4. selamat hari kemerdekaan sobat, dan Minal Aidzin Wal Faidzin
    mohon maaf lahir dan batin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup .. Selamat atas kedua-duanya kawan ..
      Trim's kunjungannya ...

      Hapus
  5. selamat hari raya idul fitri mas Indra,
    maaf lahir batin ya
    sukses selalu

    BalasHapus
  6. hihi selamat hari raya... dan maafkan kesalahan saya ya... :))

    semoga Allah mengizinkan kita semua menjadi fitri... (bukannya farel dan lainnya) :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dimaafkan, Nesya :))
      Hehe

      Iyah. Semoga Allah mengizinkan kita semua menjadi Dude Herlino #loh?

      Hapus
  7. Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
    ketika akhir Ramadhan berlalu berganti fajar Syawal, izinkanlah saya mengucapkan salam dan doa,
    Taqobalallahu minna wa minkum wa ja'alanallahu minal aidin wal faizin
    Semoga ALLAH menerima amalan-amalan yang telah aku dan kalian lakukan ,
    dan semoga ALLAH menjadikan kita termasuk orang-orang yang kembali kepada fitrah dan mendapat kemenangan,
    SELAMAT MERAYAKAN HARI RAYA KEMENANGAN IDUL FITRI,
    bila ada salah dan khilaf selama ini, baik yang disengaja atau tidak disengaja, mohon dimaafkan lahir dan bathin,
    Wassalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah.. Taqaballahu Minna waminkum juga ....

      Selamat Hari Raya Idul Fitri juga.
      Salah dan khilaf selama BW mungkin kiranya dapat dimaafkan ^_^

      Hapus
  8. hadir lagi mencari ketupat merah putih :)

    BalasHapus
  9. Minal 'aidin wal faidzin, Mas...
    Maaf lahir batin eeeeaaaa :D

    BalasHapus
  10. Hohoho...I'm coming, #lebay ya.

    Langsung menjawab absenya ya...hepi idhul fitri dan maapin lahir bathin yaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haaallloooo mbak Khayaaannnn #HebohSendiri :D


      Hepi Idul Fitri juga yaa. Moga dimaafkan atas segala kesalahan :)

      Hapus
  11. Selamat Lebaran juga :) btw itu kasurnya belum dirapiin tuh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Nufa... Aku kangen sama (komentar) anda.
      Hehehehe ^ ^


      Selamat Lebaran. Hiatus sudah dicabut tentunya :D
      Selamat Blogwalking Kembali.

      Hapus
  12. Betapa senangnya saya tercantum di halaman ini di nomor urut 10. Maunya sih nomor 1 karena itu yang pertama hihieehehie. Intermezo aja. Di Pontianak masih suasana Lebaran dan itu bisa sampai satu bulan lamanya, Keren kan?.

    Salam kami sekeluarga di Pontianak. Mampir donk ke Pontianak. Hieiheiheiee.
    Met lebaran. Mohon Maaf Lahir dan bathin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah begitukah?
      Semangat Idul Fitrinya memang sungguh terasa di beberapa daerah tertentu, termasuk di sana kali ya :)

      Walfaizin juga ya pak.
      Apaa??? Mampir ke Pontianak?? Maauuuu...... Insya Allah bisa kesana yaa....

      Hapus
  13. saya belum mengucapkan dimari, padahal sudah disebut di atas. :)

    selamat berlebaran kawan.. :)
    semoga momentum kali ini dapat mempererat tali silaturahim kita.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yohoouw mas Affan ...
      Tidak ada yang lebih indah selain silaturahmi di dumay, karena jaraknya yang berjauhan satu sama lain. Hehe ...

      Sering-seringlah BW dimari... :)

      Hapus
  14. walau br pertama kali berkunjung kesini, saya mau ngucapin minal aidzin, maaf lahir batin.. semoga sesama blogger bs terus bersilaturahim.
    maaf ngucapinnya telat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aminn kang Hann ..
      Makasih atas kunjungannya...

      Hapus
    2. Yoi sama2..
      Aku follow blog ini ya.. folback jg boleh. hehe :D

      Hapus
  15. hai Ind, apa kabar?
    maaf baru mampir, maaf baru ke sini,
    maaf baru bw, maaf baru jenguk, maaf, ada ampau gak? hehe
    btw, maaf lahir batin ya? maafin salah-salah kata ku yang pernah menyinggung kamu...
    baca postmu jadi teringat PR sejarah... haduuuuuuuuh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halooo Rhoshandayaniiii......
      Lama sekali tak berinteraksi denganmu lagi....

      Maaf lahir bathin juga yaa. Iyah sama-sama..
      Maafin jika ada kata yang menyinggung pula. Maaf sekali...
      Oh iya itu ada yang kurang .. Maaf, minta kerjain PR sejarah dong. Hehehehe #damai

      Hapus
    2. Kyaaaaaaaaaaaaaaaa... sebenarnya kurang lengkap tuh namaku, hehehe
      emangnya di kampusmu masih ada sejarah?

      Hapus
    3. Benarkah? Trus nama lengkapmu apa?
      Jenengmu ... ?
      Hehe... Sebenernya sih sejarah adalah mata pelajaran yang juga aku benci di program studi IPS, tapi karena itu hari kemerdekaan jadi mau gak mau harus mau. Hehe ....
      Okelah, salam maaf dari Jakarta untuk Lumajang, Jawa Timur yaa ...

      Hapus
  16. wah pengaruh sindrome malas kemarin ampe lupa brknjung dimari... maapin yah sobs... padhalkan nama saya di pampang jelas diurutan ke 4.. :D

    minal aidin jg yah sobs.. :)
    maap telat.. :D

    BalasHapus