Nilai Pertamaku Jeblok …

11.46.00 A. Y. Indrayana 32 Comments


Assalammualaikum sahabat blogger … Bagaimana kabar kalian semua hari ini? Pembuka September pasti jadi yang menyenangkan, namun tidak untukku. Hari ini menjadi awal september yang paling menyedihkan buat aku. Ya… Sesuai dengan judul diatas, itulah yang terjadi denganku dan nilai Kartu Rencana Studiku (KRS) saat aku lihat di dinding website kampusku tadi pagi. Yakin akan mendapat nilai terburuk sepanjang masa kuliah, ternyata itu kejadian beneran. Ya Tuhan … Tamparan apa yang kau berikan kepadaku kali ini?

Seperti tersambar petir di siang bolong. Rasanya setelah melihat nilai yang mengecewakan aku itu … ingin menangis gak bisa menangis, ingin sedih tak terelakkan… Rasa gak karuan melanda diri. Rencana mau menjawab kesebelas pertanyaan dari sahabat blogger GIA perihal award Liebsternya jadi tertunda karena aku sudah keburu galau akan hal ini. Mmmmhhhh……….. mungkin inilah salah satu cobaan dari Tuhan agar selalu menegarkan aku disaat aku tengah senang dalam satu atau dua hal, terutama saat aku membagi-bagi award kemarin.

Terlepas apakah ini sebuah cobaan atau tamparan, yang terpenting adalah usaha aku untuk bangkit dari keterpurukan ini (alias move on) harus benar-benar aku lakukan. Hanya satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini, yaitu membuat nilai IPK naik setinggi-tingginya dengan menutup nilai oleh nilai tinggi di matakuliah selanjutnya.Nah, porsi itulah yang aku harus lakukan meskipun agak berat. Karena membuat nilai penutup nilai lama dalam dunia perkuliahan itu tidak semudah membalik telapak tangan. Bisa jadi, di setiap nilai aku di mata kuliah semester depan tidak boleh ada yang miss dan absensi harus terus berjalan.



Aku juga sudah mengambil KRS baru untuk semester depan. Dengan begini, diharapkan dapat mendongkrak nilai yang buruk ini sehingga tertutup oleh nilai yang memuaskan di semester yang akan aku ambil ini. Dan, aku juga akan mengurangi porsi blogging saat mendekati ujian. Bisa saja, aku akan mengambil Hiatus ketika sudah mendekati ujian akhir, yang notabenenya ujian terpenting sepanjang akademik perkuliahan.

Apapun itu, menangis sekeras-kerasnya dan bersedih sesedih-sedihnya tidak akan mengubah nilai KRS mu berubah jadi bagus. Yang ada aku harus move-on menghadapi masalah ini. Ingatlah sabda Rasulullah SAW. “Sesungguhnya Allah tidak akan memberikan cobaan bagi hamba-Nya diluar batas kemampuan umat-Nya”. Yang artinya, cobaan seberat apapun pasti akan bisa kita lalui meskipun itu dirasa berat. Langkah yang harus dilakukan, jangan jadikanmu galau dan risau. Percayalah Tuhan pasti akan membimbing kita meniti jalan yang lurus.


Seperti yang pernah dilansir teman kita Aninda Naima dalam postingnya yang berjudul Salah Satu Lagu Indonesia Terfavorit Saya tadi. Lagu yang dibawakan oleh Saint Loco yang berjudul Santai Saja …


Mungkin kau kecewa
Semua datang yang tak kau minta
Namun ini semua kenyataan kita

Waktu kita lelah dalam menjalani
Semua macam kisah dalam hidup ini
Kadang kita lemah hanya mampu untuk pasrah
Saat kenyataan ga sejalan dengan harapan
Saat keyakinan hilang dalam kepahitan
Tetaplah tabah setidaknya kau mencoba
Menjadi lebih baik dalam jalani hidup ini
Janganlah resah biarkan waktu menjawabnya

Kau harus bersabar
Semua indah pada waktunya

Santai saja kawan
Ikuti kata hati biarkan sedihmu berlalu
Kau pasti bisa
Menjadi suatu hari dengan pagi yang baru
Tenang saja kawan
Hadapilah semua

Kau harus bersabar
Semua indah pada waktunya

Santai saja kawan
Ikuti kata hati biarkan sedihmu berlalu
Kau pasti bisa
Menjadi suatu hari dengan pagi yang baru
Tenang saja kawan
Hadapilah semua


Terimakasih banyak buat Aninda Naima yang mentabahkan penulis akan pentingnya menjalani hidup, bahkan saat masalah besar melanda. Perasaan yang sedang kacau balau ini bisa jadi sedikit lebih tenang olehmu…

Tidak boleh galau. Ayo yang semangat ….  ^_^


Ohya, dhek Gia Sitti Ghaliyah …  Posting mengenai Liebster Award akan dijawab setelah posting ini yah. Gak lama kok :D

Keep moving on …. !!!!!

32 komentar:

  1. Santai aja...semua pasti mengalami penurunan dalam setiap dinamika.
    yang penting kemauan untuk bangkit ada dan serius. itu saja.
    Membagi waktu harus bijaksana, jangan sampai berat sebelah.
    Pasti bisa!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kang. Kemauan untuk bangkit itu pasti ada.

      Hapus
  2. Kalau gitu, balas dendam aja buat semster depan harus bonyok smpe dapat A. Kalau Insyaallah bisa. Semangat yaa. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Isni. Balas dendam yang positif ya ...
      Makasih :)

      Hapus
  3. Ahahaha aku pernah juga dapet E...
    Udah ngulang, lulus dapet C apa ya hahaha *parah*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih mending ada ujian ulangan. Di kampusku nggak ada mbak Una. Haha :D

      Hapus
  4. Saya juga pernah seperti itu, nilai semester lalu anjlok di salah satu mata kuliah.. Dan rasanya pas dapat itu,, drop banget -_-'.
    Tapi itu jadi salah satu pemicu untuk dapetin nilai yang lebih baik, dan alhamdulillah semester barusan nilai saya ga ada yang anjlok.. :)

    Semangat Ndra buat ngedapatin nilai bagus di semester depan , kalau biasa semuanya dapat A :) ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Riska. Justru nilai yang anjlok banget itu malah menampar aku untuk berusaha lebih giat lagi untuk belajar.
      Tidak dapat dibantah ...
      Makasih ya Riska atas dukungan semangatnya :)

      Hapus
  5. appah???!!! bagaimana bisa kau begitu nak...

    BalasHapus
  6. wow? E?
    kenapa siang selalu bolong?
    sepertinya kita harus berjuang keras untuk mendapatkan yang terbaik ya. Jangan sampai mengecewakan orang tua, yaa kau pasti tau alasannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ya .. kenapa siang selalu bolong?
      kalau pagi apaan dong ..
      itu betul cha. kita sekarang berjuang keras mendapatkan yang terbaik ...

      Hapus
  7. santai aza bro! gak pernah akan maju studinya kalo gak pernah merasakan anjloknya nilai. dan itu wajar2 aza. semua orang gak ada yang jalannya mulusss mulu!

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya juga sih bung ... ya semoga kedepannya aku bisa lebih giat lagi ..

      Hapus
  8. SEMANGAT TERUS!!!! E mah.. yaa sekali-kali mah gapap toh wehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya Gia.. tapi cukup sekali aja lho ya hehehe ...

      Hapus
  9. Terimakasih informasi nya gan, sangat bermanfaat :)
    nice post :)
    ditunggu kunjungan baliknya yaah ,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih, Hehe ..
      Cuman apa yang bermanfaat dari posting ini? Ini cuman curhatan pribadi .. Hehe

      Hapus
  10. yang pasti ini teguran biar lebih fokus belajar dan ga kebanyakan online heheheheh, kalo kata anak alay : cemungudh eaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah ini suatu teguran untukku mbak. Macaciih iiaaa Mbaa Nupaa :p

      Hapus
  11. . . wachhhhhhhhhhhhhhhh,, kayaknya harus ngulank tuch. he..86x . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak bisa ngulank mbaa... Hehe 86x ...

      Hapus
    2. . . loch,, bukan nya kalo nilai segitu harus n=mengulank ya di sementer akan datang. cz kalo gak gitu ntar sks nya kurank n gak bisa ngambil skripsi . .

      Hapus
    3. Iya .. Kalau itu ada di kampus lama aku.
      Di kampus baru, tidak ada pengulangan. Huhuu :'(

      Hapus
  12. Hahahahah jarang ada yang jujur kacang ijo kaya gini. Biasanya sih yang di "pamer" kan nilai nilai yang baik dan prestasi gemilang dan membanggakan. Ini unik dan menarik karena yang diposting nilai yang menjengkelkan alias nilai jeblok. Heihiehiehiehie. Sama sama juga ada manfaatnya alias semacam "warning" atau "teguran" agar berprestasi lebih oke lagi berikutnya. Nilai jeblok hahahaha pede aja lageeeeeee :)))))))))))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak ah kang, saya maunya bubur ayam. Hiehehehehiheheihe ...... :D

      Iyah. Rasanya hati memang ingin menumpahkan keluh kesah kegalauan akan nilai jeblok ini di blogger, karena aku menganggap temen-temen bloggerlah yang mengerti akan kegelisahanku akan ini kang.
      Aku mau cerita pada siapa ... teman-temanku pada sibuk semnua. Hehehe ....

      Yah Bismillah aja lah kang. Semoga nilai-nilai ini bisa ditutupi oleh semester depan.

      Hapus
  13. Semangat belajar lebih giat lagi sobet =D

    BalasHapus
  14. semangat yak... Roda selalu berputar. Siang malam masih saling bertukar, insyaallah masih ada waktu untuk memperbaiki diri dan segala nya... :D

    BalasHapus