Perjalanan Berorganisasiku (lanjut lagi) …

05.23.00 A. Y. Indrayana 16 Comments

Dear Blogger …



Assalammu’alaikum sahabat-sahabatku semua … Akhirnya setelah seminggu harus puasa blogging oleh karena hal yang harus membuatku seperti itu (halah), aku bisa kembali posting dan kembali ke kehidupanku yang seharusnya, yaitu blogging. Haha .. Tapi memang dibalik masa hiatusku selama beberapa hari ini aku merasa sudah menanggalkan banyak agenda, yang mana bisa kukatakan agenda itu sangat penting. Semua agenda yang harusnya aku datangi, kandas karena acaraku yang satu ini. Tapi mau gak mau harus kulakukan, karena ini menyangkut baik selama perjalanan panjangku di dunia ini.

Yap. Acara itu adalah ‘Pelantikan’. Pelantikan Calon Anggota Angkatan 21 UKM LPM Orientasi, Universitas Mercu Buana, yang baru selesai digelar pada senin subuh tadi. Tepat sekali. Acara pelantikan ini begitu ‘berbenturan’ dengan jadwal kampusku yang seharusnya sedang Ujian Tengah Semester, Sabtu dan Minggu kemarin. Bisa dibayangkan bukan? Aku harus mengikuti rangkaian acara pelantikan sekaligus mengikuti UTS di kelasku. Sadis … berani bener yaa si In ini .. :D

Sebenarnya sedari jum’at kemarin ada miss-komunikasi antara aku dengan seniorku perihal tanggal ideal pelantikan LPM Orientasi ini, yang seharusnya aku usulkan lebih baik digelar minggu depan saja (Sabtu, 10 November 2012). Tetapi karena ada beberapa hal, akhirnya keputusan berat adaan pelantikan ini harus digelar pada Sabtu lalu. Walhasil, aku harus siap-siap fisik, mental, sekaligus otak karena aku belum sempat belajar banyak saat menghadapi UTS kemarin.

Ah sudahlah … Biarkan waktu berlalu. Yang jelas aku sudah ‘berhasil’ menyelaraskan kedua-duanya. Aku berhasil mengikuti UTS dan berhasil pula mengikuti jalannya pelantikan hingga usai. Namun tetap saja, ada sejumlah agenda yang akhirnya harus aku tinggalkan demi kelancaran prosesiku dilantik di UKM yang bernaung di bidang Pers Mahasiswa ini.



Hari Sabtu, 3 November 2012

Pertama-tama, aku menyempatkan diriku untuk mengikuti UTS terlebih dahulu di kelasku. Dengan sangat terpaksa aku menggunakan telepon pintarku (smartphone) sebagai media untuk membocorkan jawaban dari buku. Aksi saling tukar blackberry messenger (BBM) dan whatsapp memang sudah lumrah terjadi di kelas yang kusebut sebagai kelas karyawan ini. Aku memanfaatkan peluang ini sebagai aksi mencari jawaban secara cepat karena sang pengawas ujian pun kurang jeli memantau apa yang kami perbuat selama itu. Hehehehe … tetapi ini cukup beralasan lho. Karena rata-rata teman-temanku di kelas tidak punya waktu untuk belajar dan sibuk di kantoran. Demikianpula dengan aku. Terlalu aktif di beragam kegiatan luar terkadang menjadi penghambatku untuk membaca buku. Hehe ..

Seusainya UTS, aku langsung bergegas ke Sekretariat UKM LPM Orientasi untuk menjalani serangkaian agenda pelantikan. Pertama-tama, aku dan temanku yang juga calon anggota diutus untuk pergi menuju tiga tempat yang menjadi ‘pos’ di acara pelantikan ini. Dwi Aryo Wibowo, begitulah nama dari sebutan temanku yang juga calon anggota itu tadi. Aku dan Bowo, langsung bergegas menaiki motor Revoku menuju ke lapangan Taman Ismail Marzuki, Kebon Sirih, Jakarta Pusat pada pukul 11.30 WIB.

Yang kedua kami menuju ke Taman Suropati, Menteng, Jakarta pada pukul 16.30 WIB kemudian dilanjutkan dengan mengunjungi kawasan Monas pada malam harinya. Dalam ketiga pos itu, kami banyak disuguhkan penggemblengan baik fisik maupun mental dalam memahami makna tersembunyi yang ada di tiap pos itu.



Hari Minggu, 4 November 2012

Belum selesai sampai disitu, pagi harinya aku kembali bergegas ke kelas untuk mengikuti UTS di matakuliah yang kedua. Bedanya, jika kemarin sabtu aku pakai baju yang bersih, hari ini aku masuk ke kelas dengan baju yang sudah kucel dan kotor. Maklumlah gak mandi selama sehari, ditambah lagi banyaknya debu yang bertebaran sepanjang perjalanan. Hahaha …

Sekembalinya di kelas, aku dan Bowo ditugaskan untuk menjalani ‘sidang’ atas hasil ikutserta pos yang sudah aku lalui selama sehari itu. Lagi-lagi faktor mental harus yang super disini. Celaan dan cacimakian begitu sedap terdengar di telingaku sepanjang minggu malam. Baik itu dari kesalahan murniku hingga ajang pencarian kesalahan dari senior kepada juniornya. Yayaya … itulah salah satu resiko yang harus ditanggung para organisatoris untuk masuk ke dalam bagiannya. Apalagi UKM yang sedang aku lalui ini lebih mengutamakan faktor ‘militaris’ jika ingin masuk kedalamnya. Sebelum akhirnya kami berdua dilantik dan diterima menjadi anggota resmi Orientasi, aku dan Bowo sebenarnya sangat minim dalam waktu beristirahat. Kembali lagi seperti yang ku katakan. Faktor fisik juga harus kuat disini. Yah maklumlah, kesan ‘senioritas’ masih begitu kuat disini. Namun tetap tidak ada reaksi fisik yang begitu signifikan disini. Hanya disuruh ini itu dan bersiap-siaplah kalian menghadapi segala macam lemparan mental dari mereka. Huhuummm ……..

Seperti pernah ku lansir di posting pertama Berorganisasi, Peran Aktif dalam Mengasah Kemampuan. Berorganisasi itu bisa dikatakan cukup berat, apalagi ini dilakukan secara sukarela alias tanpa mengharap bayaran. Namun dengan begitu kita sebenarnya sedang diasah kemampuan kita, kredibilitas kita, kepemimpinan kita, dan pertanggungjawaban kita dalam berorganisasi. Kesimpulan sederhananya, jika saat kita tidak dibayar kita bisa memimpin sebuah organisasi dengan baik, tentunya kita bisa memimpin perusahaan yang lingkupnya sudah memberikanmu keuntungan yang tinggi dong? Sekarang, akupun juga sedang menghadap dilema akan manajemen waktu. Pembagian waktu antara organisasi dengan kuliah dan aktivitas lainnya sudah harus setara dan targetable.

sekarang aku adalah bagian dari mereka ... :D


Bagaimana dengan kalian, apakah punya hal yang tak terlupakan selama berorganisasi dulu?

16 komentar:

  1. Pers mahasiswa kok kayak militer ya bg? :)
    Semoga semakin pandai mengatur waktu deh bg,
    oiya, hari minggu Ujian juga ya bg?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe iya bang ... Untuk LPM yang ini memang agak keras ..
      Amin Amin .. Makasih bang .. :D

      Iya betul. Hari minggu aku ujian ,,,

      Hapus
    2. wah, kalo kami gak bisa ujian sambil googling loh bang :P
      kwkwkwkwk
      kalo boleh tau kuliah jurusan apa bang?

      Hapus
    3. pendidikan semi militer seperti itu saya yakini bakal meningkatkan kemandirian dan keberanian kita. asli!

      Hapus
    4. Bang Riki : Hahaha .... coba deh, pasti ketagihan #loh?

      haha

      Hapus
  2. (itu foto lagi rapat apa arisan?, haha)

    manajemen waktu bakalan terlatih tu Mas. gak papa, jalani saja. nanti di kemudian hari, Mas Indra bakalan sering diuji bagaimana membagi waktu dan prioritas. saat itu nggak canggung lagi pasti.

    pengalaman organisasi? hahh, capek dan sekarang saatnya bosen. tapi ya itu, menfaatnya sekarang saya dapatkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya lagi di musholla deh Bang :)

      Hapus
    2. iya.. buat akang mah sudah bosen. soalnya udah punya organisasi sendiri kan?

      organisasi rumah tangga. urus istri, arien sama agree. Hehehe ...


      Tar kalau aku mah, ikut organisasi cinta (halah)

      Hapus
    3. sebenarnya itu di aula, bang Riki .. :)

      Hapus
  3. welcome back sobat!.
    kalo ditulis di sini, gak bakalan muat bro

    BalasHapus
    Balasan
    1. thank you sobat!!

      ooh gitu yah.. haha

      Hapus
  4. kayaknya seru tuh mas.. Nanti kalo kuliah jadi pingin aktif berorganisasi...

    BalasHapus