Peranan Komunikasi ... (Part 2) : Sulitnya bilang ‘Tidak’

02.00.00 A. Y. Indrayana 81 Comments

Dear Blogger …



http://pratamawijaya.com
Assalammu’alaikum … I’m back!!! Hehehehe . (siapa yang nungguin coba XD). Senang dalam hati seperti biasa menjelang hari Senin kembali. Hmm.. Senang? Aku senang hari Senin telah kembali? Ya. Aku senang hari Senin kembali lagi dan sampai minggu-minggu seterusnya aku akan tetap menanti hari Senin itu. Hehe ..

Tapi banyak yang bilang ‘gue benci hari Senin’ kan In? Hehehe… Yap. Jika mayoritas orang memiliki slogan yang klise seperti ‘I Hate Monday’, atau ‘I don’t like Monday’, kalau aku bisa dengan lantang mengucapkan ‘I LIKE MONDAY’. Kenapa sih? Karena di hari Senin itulah saatnya aku beraktivitas kembali seperti biasa. Menghilangkan suntuk dirumah, menggerakkan otot-otot ini dan berpetualang kembali di kiprah pekerjaan. Apalagi kalau aku sudah mendapatkan jabatan sebagai karyawan di salah satu perusahaan Swasta (berharap PT. PKSS mau menerimaku sebagai karyawan.. Ammiinnnn).

Jika belum ada kerjaan yang berarti? Nonton TV dan kembali blogging seperti biasa. Hehehe … Yang penting, hari Senin sampai Jum’at itu adalah hitungan hari yang selalu kunanti. Meskipun demikian hari Sabtu-Minggu juga sangat kumanfaatkan. Manfaatkan untuk beraktivitas diluar (kembali), dan di sela waktu bisa beristirahat. Karena justru, jadwal padatku itu ada di hari Sabtu dan Minggu. Rumoorrr Biasaaaa… #eh salah.. Ruaarrrr Biasaaa :D

Kendati daripada itu terus terang untuk sepanjang hari ini aku sedang kurang senang kawan-kawan. Ya.. Sesuai dengan judul dan sub-judul yang tertera diatas, kini aku sedang dilanda dilema yang sangat besar dalam urusan berorganisasi. Kalau kita namakan = Prahara Berorganisasi. Sebenarnya ini sudah cukup lama terjadi dan dengan masalah yang beragam. Namun untuk yang satu ini, sepertinya akan menjadi serius untukku. Karena ini menyangkut keputusan final esok-esok hari, yang sudah harus kupikirkan secara matang dan tidak sembrono. Yaitu.. Keluar dari Organisasi.


(Perhatikan : Posting kali ini bisa jadi didominasi oleh curhatan pribadiku saja. Aku menuliskan posting dengan judul ini sebagai ekspresi kemarahan aku terhadap hal yang kuprediksi bisa jadi meruntuhkan masa depanku. Bila sahabat blogger berkenan untuk mendengarkan curhatanku, aku akan sangat senang sekali. Namun jika tidak, ya aku tidak bisa memaksa. Sekali lagi maaf yaa …)


Ini bukan main-main. Bahkan aku sampai mengurangi porsi BW pada hari-hari lalu hanya karena memikirkan ini. Hingga pada sebelum posting ini ada, aku coba untuk menenangkan diriku dengan intens mem-BW kepada sobat blogger semua untuk mengurangi rasa jenuhku terhadap masalah ini. Tetapi prahara tetaplah prahara. Cepat atau lambat, kamu harus segera tentukan keputusan.

Seperti diketahui, aku sudah cukup banyak berpetualang di ranah organisatoris. Beberapa diantaranya, sudah berhasil kulalui dan aku kini telah bergelar sebagai ‘Alumni’. Salah satunya Organisasi Lembaga Pers Mahasiswa Inspirasi (LPM-Inspirasi) Bina Sarana Informatika, yang sudah kugeluti selama 2 tahun lebih. Selama itu pula, aku menemui banyak kendala dan prahara baik antar pengurus, berantem dengan teman sendiri karena lebih mentingin organisasi daripada tugas kuliah, konflikan sama kakak senior, dan masih banyak lagi. Aku masih menyimpan foto-fotonya. . .


saat pelantikan pertama. Lokasi : Karawang, Jawa Barat


Diantara itu semua, kini yang sedang kugeluti prosesnya adalah organisasi Sekolah Terbuka Taman Ceria Negeriku (TCN), Rumah Indonesia (RI), dan yang terakhir … Organisasi LPM Pers Orientasi Universitas Mercu Buana. Buanyaaakkk konflik yang mau gak mau harus aku lewati, termasuk harus berantem dengan teman sendiri, beradu perbedaan pendapat, bahkan pernah sampai caci-maki. Meskipun itu adalah sebuah ‘bumbu’ dari jalannya organisasi tetapi kiranya kita perlu menimbang kembali. Apakah kita sudah benar-benar merasa COCOK dengan organisasi yang sedang kita jalani ini????

Mem-flashback masa lalu, aku juga pernah mempunyai niatan untuk mengundurkan diri dari LPM-Inspirasi beberapa tahun silam. Tetapi itu gagal dan akhirnya aku berhasil hingga di ujung masa jabatanku sebagai Redaktur Pelaksana. Karena dari awal memang sudah suka dan atmosfir pertemanannya sangat aku kagumi, sehingga aku merasa betah disana. Down sedikit di beberapa saat, kemudian naik lagi. Turun naik turun naik hati itu pernah sekali aku rasakan, dan akan menjadi kenangan tersendiri bagiku.

Lalu masalahnya apa? Aku sedang menggeming oleh keputusan yang buatku pribadi terasa sangat ‘pahit’, yaitu mengundurkan diri. Ya. Aku berencana untuk mengundurkan diri dari organisasi LPM Orientasi UMB. Lah, mengapa begitu In? Awalnya memang belum terlintas dipikiran, tetapi setelah aku lalui beberapa hal yang tanpa sadar telah terlewat, tiba-tiba muncullah ide yang belum pernah aku laksanakan sepanjang hidup aku berorganisasi dimanapun juga.

Justru karena itu. Ketika aku memiliki niat yang ditambahi dengan alasan yang kuat, harus tertahan oleh karena hal yang sepele. Kenapa itu??? Karena aku sulit untuk berkata ‘Tidak’!!!! Tidak, tidak melanjutkan lagi perjalananku, yang artinya ‘Cukup Sampai Disini’.


Alasan terkuat mengapa aku berencana ingin mengundurkan diri dari sana adalah karena sudah momentumku untuk bekerja dan menghasilkan uang. Yap. Aku sudah bergelar Diploma, dan sekarang sedang melengkapi studiku sebagai Sarjana Komunikasi. Tidak saatnya lagi aku mengandalkan materi orang tua sebagai harta hidupku sehari-hari. Ditambah, aku ingin mengejar ekspektasiku membeli alat-alat elektronik lainnya. Sebisa mungkin bisa membeli rumah, sehingga kalau nanti kelak aku menikah, tidak perlu bingung mencari rumah lagi. Haha .. Ah tapi itu masih jauh. Kejauhan …

Kembali ke sini. Tidak hanya itu, karena aku tidak ingin mengecewakan kedua orangtuaku dengan meraih nilai yang sesempurna mungkin di semester ini. Yap. Pada semester lalu aku pernah mendapat nilai jelek, dan Indeks Prestasiku sempat anjlok cukup tajam. Nah sekarang ini, aku sedang mengantisipasi supaya nilaiku tidak jeblok lagi. Karena kalau sampai itu terjadi, bisa-bisa aku disidang sama kedua orangtua aku…

Manajemen waktu? Kurasa itu kurang membantu kawan. Karena dari sininya secara jadwal sudah berbenturan. Mau digimanakan lagi?

Terlihat kuat kan alasanku? Tetapi aku masih sulit untuk mengatakan berhenti kepada mereka para seniorku). Sebab aku baru saja dilantik sebagai anggota dan satu-satunya angkatan yang sama denganku itu hanyalah satu orang saja. Terlebih, kalau ada prasangka pengkhianatan tanggungjawab. Aarrgghhh … Bingung bingung bingung ….

Untuk sementara ini dalam pikiranku masih ‘berantem’ antara mengatakan lanjut atau sudahan, dan mungkin akan menggantinya dengan bergabung ke organisasi yang lebih 'meringankan' waktuku. Tetapi kalau ini terus aku biarkan, aku khawatir akan berdampak yang tidak baik buatku nanti. Aku harus bisa mengambil keputusan Final setidaknya kurang dari seminggu ini. Sekarang juga tekanan demi tekanan tugas dalam organisasi harus aku lakukan, kalau tidak akan panjang urusannya. Kembali lagi kepadaku .. harus tegas dalam mengambil keputusan, dan harus pegang konsekuensi dari apapun keputusanku nanti, apakah akan lanjut atau tidak.



Sekali lagi, sekarang yang ada dalam pikiranku adalah … LANJUT atau TIDAK????

81 komentar:

  1. PERTAMAXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXXX Horeeeeeeeeeeeeeee hiehieieieie kali ini saya juara pertama yang memberi komentar. Huihaiahiahiahiaia alangkah bahagianya diri ini. Nang Neng Nang Nong. Nang Neng Nang Ning Nong. Jugrak Jugrak Jegerrrrr. Yihaaaaaaa. Ngerockkkkkkkkkkkkkkkkkkk Mamennnnnnnnnnnnnn Yihaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya suka outfit atau dress yang A.Y.Indrayana dengan kemeja yang dilepas semua kancingnya, dan di dalamnya T-Shirt. Whuaaa keren keren, sporty, dan terkesan rileks. Cozy juga keliatannya.

      Berfikir dalam waktu 1 minggu mungkin belum cukup untuk mempertimbangkan LANJUT atau TIDAK. Mungkin ada baiknya Sholat Istikharah dahulu minta diberikan Petunjuk ALLAH SWT agar dipilihkan yang terbaik. Kepada Allah SWT juga kita serahkan semua hasil akhirnya. Usaha dan KErja keras kita yang lakukan hasilnya kita serahkan kepada ALLAH SWT

      Hapus
    2. setujuh banget. macho abis tuh. apalagi kalo pake kacamata hitam dan dan tampakin gelang prusik, wahh..

      Hapus
    3. Hihihi...Kang Asep saat mendapat Pertamax pasti sambil jingkrank guling-guling...

      Hapus
    4. Hehe ... terimakasih kang Asep..
      Tapi itu memang sudah kebiasaanku menggunakan outfit kancing dilepas dan memakai T-Shirt didalamnya, bahkan saat naik motor jarak jauh pun tetap berkutat dalam kebiasaan yang sama.

      Aku gak tahu kang. Tapi ada dorongan yang terus membuat pikiranku kacau. Serahkan diri kepada Tuhan saja lah aku yakin bisa menyelesaikan segalanya....

      Hapus
    5. Kang Zachroni : Haha. Ada kang fotoku pakai kacamata hitam. Mau lihat?

      Hapus
    6. Mas Rudy : Sayang gak pakai koprolan .. -_-

      Hapus
    7. pake kaca mata hitam saingan sama Mas Reo machonya

      Hapus
    8. Nyaingin Ian Kasela dan Om Stivie Wonder juga!

      Hapus
    9. oh ya kah mirip seleb? Bukannya mirip tukang pijit? ooops maaf

      Hapus
    10. Wah....ikutan gabung boleh nih...mas indra...orang baru nih ...haha

      Hapus
    11. kukira malah jadi mirip wonder woman ... *oops maaf lagi*


      Mas Budi os : Ayoo ... ikutan nimbrung komentar dimari. Ohya kapan bisa kopdaran?

      Hapus
    12. tukang pijitnya Wonder Woman?

      Hapus
    13. Dengan senang hati aku ingi mencalonkan diri untuk menjadi tukang pijitnya Mbak Wonder Women, dengan catatan Mas Hulk tidak boleh ikut.

      #Ops Maaf

      Hapus
    14. kang zachroni : boleh boleh kang, kalau dia bersedia pindah profesi ....

      Hapus
    15. mas Rudy : tapi sayang Mas Think nya udah keburu menikah sama Wonder Woman mas..

      #Ops Maaf Lagi

      Hapus
    16. Kapan ya.... Mas hehe...
      memang mas zach..udah pilih lokasi nya ya mas indra....

      Hapus
    17. udah mas ... tinggal menunggu waktunya hehe... :D

      Hapus
  2. tentu yang terbaik, Mas Indra yang tau. pasti yang terbaik, akan menjadi prioritas untuk dilakukan. selamat mengembil putusan.

    kalo itu terjadi pada saya, saya akan tetep jalan dengan organisasi saya. meski mungkin dengan suatu permintaan, bahwa di organisasi itu saya akan pasif karena konsentrasi sedang tercurah buat masa depan. jadi suatu saat nanti kalo udah kerja dan kita masih kangen dengan organisasi, bakalan enjoy untuk melenggang masuk tanpa beban, dan dengan enteng mengatakan, "saya kembali!"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa yang dikatakan Mas Zach itu poin banget kan Mas Indra?

      So, selanjutnya terserah anda...

      Hapus
    2. iya sih ..
      menimang keputusan, hal tersulit yang pernah ada, karena ini menyangkut masa depan juga ...

      Nah itu yang terjadi padaku waktu aku masih di LPM Inspirasi BSI kang. Menyukseskan masa kepemipinanku hingga sekarang aku datang kembali kesana dan aku dengan enteng mengatakan, "saya kembali!"

      Hapus
    3. Mas Rudy : iya mas. Point banget...

      Hapus
    4. neng neng nong neng... hiehiehie, kebayang kang Asep joged

      Hapus
    5. Jadi inget audisi IndoIdol!

      Hapus
    6. saya kalau joget pasti heboh. Pake kicrikannya mangkuk Bubur

      Hapus
    7. Lebih asooy lagi kalau kicrikannya pake panci kang

      Hapus
    8. Oh ya bener bener. Pake Panci

      Hapus
    9. Sip. Semua jenis alat musik sudah ada

      Hapus
    10. Aku bawa tabung gas 3 kilogram aja yaa

      Hapus
    11. tinggal disulut tabungnya ya. Saya ngumpet dulu oke?

      Hapus
  3. kalo saya sih selalu memiliki prinsip dalam menentukan sesuatu mas

    prinsipnya hanya satu mas FOKUS, kalo kita fokus, kita bisa memilih dengan tepat, dan juga kita akan selalu memperjuangkannya

    SEMANGATTTTTTTTTTTTTT

    BalasHapus
    Balasan
    1. Fokus yaa mas Imam ... hmmm .............

      Hapus
    2. Are You Ready To Rooooooock!!!

      #Lempar Panci Ke Penonton

      Hapus
    3. Saya suka Rok...eh..musik rock...haha

      Hapus
    4. Kalaw saya nda suka ROk. Saya nda Pake ROk. Saya pake Celana aja

      Hapus
    5. Hahahahahahaha. Aksi meremukkan kotak komen, DIMULAI ....


      Are you Readyyyy ........

      Hapus
    6. Sekarang saya siap make celana

      Hapus
    7. Celananya bergambar superhero wonder woman ya kang ....

      Hapus
    8. celana polka dot bagus kita pake nggak sih?

      Hapus
    9. Celana Polkadot bisa dijadikan ciri khas kita, kalo perlu bajunya pakai baju balon lalu hidung dimerahin. Pasti bakal macho abis. Maksudnya Macho-nya bakalan abis, yang tersisa tinggal malu-maluin nya deh!

      Hapus
    10. pasti punya rasa malunya besar. Mau nyebut kem***an besar takut Parno

      Hapus
  4. selamat bertemu lagi di hari senin. aku belum nulis lagi untuk hari ini. idea nya berterbangan.

    ya memang sulit untuk bilang tidak walaupun hal kecil doang.

    semoga lebih sukses selepas ini..'


    semangat-semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaap. selamat bertemu kembali di hari senin ...
      terakhir mbak Jue sudah menulis kan?


      makasih untuk semangatnya yaa ....

      Hapus
    2. kenangan manis...hari ini rabu? hahaha lupa sama hari..sibuk banget ni

      Hapus
    3. wah mbak Zulaikha punya kenangan manis apa nih dihari Rabu? Hehe

      Hapus
  5. adu pendapat adalah hal wajar dalam organisasi, asal jangan sampai tonjok2an aza sob! hehehe..
    mengemukakan pendapat, mempertahankan pendapat, itu seni yg saya sukai dalam organisasi, tetapi pada akhirnya pendapat yg berlaku adalah pendapat yg disepakai oleh anggota. jadi akhirnya saya lebih suka mendengar dari pada mengemukakan pendapat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu nyaris pernah sob! Hampir saja beradu fisik dengan rekan seorganisasiku dulu ..
      tapi untungnya itu tak terjadi ... haahh legaaa

      Hihi ... Bahkan sama sepertiku. Sukanya memendam argumen ketimbang menyuarakannya ... :D

      Hapus
  6. aku dari SMP selalu ikut organisasi, nilai-nilaiku waktu SMP, SMA dan kuliah ngga bagus-bagus banget karena waktu habis buat berorganisasi.. Dan ketika memasuki dunia kerja aku baru tahu bahwa pengalaman berorganisasi ku justru lebih berguna daripada nilai-nilai kuliahku... hahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hemm .. betul sekali mas ....
      Itu yang kupikirkan saat ku di LPM Inspirasi dulu ... hehehehe

      Hapus
  7. Wiii.. ternyata ada alertnya juga saat baca postingan ini :)

    (Perhatikan : Posting kali ini bisa jadi didominasi oleh curhatan pribadiku saja. Aku menuliskan posting dengan judul ini sebagai ekspresi kemarahan aku terhadap hal yang kuprediksi bisa jadi meruntuhkan masa depanku. Bila sahabat blogger berkenan untuk mendengarkan curhatanku, aku akan sangat senang sekali. Namun jika tidak, ya aku tidak bisa memaksa. Sekali lagi maaf yaa …)

    BalasHapus
  8. Balasan
    1. Siap bung. Salam kenal dulu juga

      Hapus
    2. kalo kita udah kenal ya Mas In? hehe

      Hapus
    3. Anda siapa ya?, aku dimana ya?

      #Terkena kilatan cahaya alatnya 'K' (MIB)

      Hapus
    4. Saya juga...ikutan deh salam knal dulu...sama mas indra haha.. :)

      Hapus
    5. anda semua siapa yaa ... ????


      *amnesia tingkat blogger* haha :D

      Hapus
    6. kita ternyata edan massal

      Hapus
    7. "edan massal" itu makanan khas dari pontianak ya???

      #amnesia tingkat lanjut

      Hapus
  9. kalo udah punya sense of belonging dengan organisasi, mau cabut dari sana emang beraaaat benerrr.. tapi ya itu, ada waktunya kita harus berani bilang tidak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm begitu yaa Syahdini.. ??

      Memang aku sendiri sudah ada rasa memiliki namun tidak sebanyak yang dulu sih ...
      ditambah lagi udah terlanjur dekat sm teman-teman disana ....

      Hapus
    2. Ohhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

      Hapus
  10. .. waduch,, bingunk mau comment apa. mendingan aq diem dan tutup mulut aja dech. he..86x ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba ♥VPie◥♀◤MahaDhifa♥. Piye kabare mba? Komen ku nda masuk masuk ya. Di approve donk

      Hapus
    2. Oh yess. oooo yessssssss... owwwwwwwwwwwhh Yesss. ahhhhh

      Hapus
  11. Jangan menyerah jika punya kemampuan,,katakan tidak pada hal yang memutuskan semangat anda.

    BalasHapus